Hello, Kembali dengan saya Maura Chandra Elzahra.

Saya kembali ingin membahas dan merangkum materi yang di sampaikan Dosen saya yaitu Ibu Pipit Fitriyah pada pertemuan ke - 2.


Jaringan Sosial 

Jaringan sosial adalah sebuah pola hubungan sosial individu maupun kelompok dalam berbagai bentuk yang sifatnya kolektif. Adapun hubungan tersebut dapat berupa hubungan interpersonal yang bersifat ekonomi, politik, maupun hubungan sosial lainnya.


Pengertian Jaringan Sosial.

Definisi jaringan sosial adalah sebuah pola dalam arti hubungan sosial yang dimiliki individu maupun kelompok yang dimana pola hubungan tersebut memiliki sebuah keteraturan untuk bagaimana mereka bersikap dalam lingkungan masyarakat.


Jenis Jaringan Sosial

Berikut ini merupakan beragam macam jaringan sosial di masyarakat dalam kajian sosiologi, diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Jaringan Kepentingan   :  Jaringan ini terbentuk melalui hubungan - hubungan sosial yang memiliki                                                   kepentigan.


2. Jaringan Kekuasaan     : Jaringan kekuasaan merupakan kemampuan seseorang sebagai unit sosial                                                  untuk mempengaruhi perilaku dan sebagai pengambil keputusan melalui                                                      pengendalian.


3. Jaringan Sentimen            : Jaringan ini terbentuk atas dasar hubungan - hubungan sosial yan sentimen                                                   seperti hubungan kekerabatan, pertemanan, dan lain sebagainya.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOCIAL NETWORK ANALYSIS