Studi Empiris Jaringan

Sekumpulan titik yang di hubungkan dengan garis. titik dalam bahasa disebut node, grafis, disebut edge.

Jaringan fisik: Jaringan fisik merupakan yang terhubung secara fisik contohnya internet, jaringan listrik, dan jaringan transportasi.

Jaringan Non Fisik: Jaringan Non Fisik disebut dengan "jejaringan" salah satu jenis jaringan non fisik adalah jejaringan penyebaran informasi.

REPRENTASI MODEL SNA 

Pembentukan Model Jaringan Sosial. graf, umumnya digunakan untuk mewakili suatu jejaringan. jejaringan sosial dapat dibentuk ketika terdapat entitas (manusia perusahaan, organisasi dll) yang berunteraksi dengan entitas lainya dalam suatu lingkup sosial.

Cara umum untuk memformulasikan sebuah Graf diantaranya menggunakan edge list dan adjency matrix.Kedua cara tersebut dapat digunakan untuk merepresentasikan jejaring sosial yang memiliki arah, tidak memiliki arah, memiliki bobot, tidak memiliki bobot.


MODEL PEMBANGKIT JEJARING SOSIAL

Jejaring sosial pada awalnya diasumsikan berasal dari hubungan yang terbentuk secara acak dimana entitas saling terhubung dengan probabilitas.Namun pada dunia nyata ternyata hubungan ini tidak terjadi secara acak. Terdapat pertimbangan-pertimbangan khusus yang menjadi dasar keberadaan hubungan antar entitas.



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOCIAL NETWORK ANALYSIS